Please follow and like us:

Segala hal yang berkaitan dengan pertanian pastinya tidak bisa lepas dengan campur tangan atau bantuan dari manusia. Namun hal ini bisa ditepis oleh para peneliti di Inggris. Hal ini dikarenakan para peneliti di Inggris sudah mampu menumbuhkan tanaman yang hampir sama dengan tanaman gandum yang digunakan untuk pembuatan bir yang bernama tanaman barley. Para peneliti berhasil menumbuhkan tanaman barley tanpa adanya campur tangan manusia, melainkanhanya menggunakan traktor dan drone sebagai Teknologi Pertanian Otomatis.

Teknologi Pertanian Otomatis buatan peneliti di Inggris dinamakan dengan “Hands Free Hectare” yang mampu menyemai, menyemprot, memantau, serta memanen berhektar – hektar lahan dengan menggunakan mesin yang memiliki kecerdasan buatan tersebut. Dengan memanfaatkan adanya drone maka peneliti membuat mesin pertanian seperti traktor dan tempat sampah menjadi otomatis. Drone disini bisa dikatakan sebagai mata – mata para petani sehingga para petani bisa memantau keadaan yang ada di pertanian dengan menggunakan kamera multi – spektra yang dapat menunjukkan kondisi tanaman di ladang. Nah, untuk menjalankan traktor secara otomatis dalam pembibitan dan proses panen, maka peneliti menggunakan fitur autopilot yang ada pada drone yang dipakai. Hal ini membutuhkan algoritma navigasi yang sesuai dan teliti sehingga drone bisa digunakan untuk membantu mengarahkan traktor pertanian untuk bekerja.

Dengan adanya Teknologi Pertanian Otomatis yang telah dikembangkan oleh peneliti di Inggris diharapkan orang – orang di pertanian akan semakin maju.